Telkomsel Bangun Pusat Riset Teknologi


 
VIVAnews - Menyadari perkembangan teknologi yang semakin pesat, Telkomsel membangun fasilitas riset dan pengembangan. Ini merupakan upaya Telkomsel dalam pengembangan inovasi teknologi.

"Ini merupakan wadah untuk uji coba teknologi masa depan dalam industri telekomunikasi seluler, dan menciptakan peluang bagi industri lokal," ujar Dirut Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno, dalam keterangannya pada Peluncuran Telkomsel Research and Development di Bandung, Senin, 5 Desember 2011.

Telkomsel Reserch and Development (Telkomsel R and D) memiliki fasilitas ruang perangkat, ruang data centre, ruang pengujian, ruang monitoring, IP surveillance dan fasilitas demo (outdoor). Seluruh fasilitas ini akan mendukung proses inkubasi teknologi sebelum disajikan kepada masyarakat.

Keberadaan riset, menurut Sarwoto, merupakan upaya untuk menjamin keberlanjutan perkembangan teknologi informasi, dari analog, digital, fixedline, dan kini mobile. "Apalagi, nantinya semua mengarah ke LTE," ujarnya.

Sebelum meluncurkan aplikasi dan layanan ke masyarakat, Telkomsel melalui testbed melakukan riset proses operasional yakni pengujian software, hardware, sistem dan aplikasi yang akan diimplementasikan pada live network.

Telkomsel R and D ini juga terbuka bagi kalangan akademisi, mitra, maupun komunitas pengembang untuk mengembangkan inovasi. "Semoga riset ini bisa bermanfaat bagi bangsa," katanya.

Bandung menjadi pilihan lokasi Telkomsel R and D dengan luas bangunan 375 meter persegi. Telkomsel merupakan operator pertama yang membangun research and development di Indonesia. (art)

Ini merupakan pusat research and development pertama yang dibangun provider seluler.

Komentar

Postingan Populer